Rabu, 30 November 2016

Tuhan dalam Bayangan Sifat Wujud


Zat Tuhan masih menjadi misteri yang belum dapat ditemukan secara pasti. Berbagai ajaran agama, khususnya Islam, menjelaskan eksistensi Tuhan hanya dapat dicerna dalam bentuk sifat wujud Tuhan. Golongan Mu’tazilah berpendapat bahwa Tuhan tidak memiliki sifat.

Tuhan mengetahui melalui perantara pengetahuan dan pengetahuan itu adalah Tuhan sendiri yaitu zat atau esensi Tuhan. Golongan Asy’ariyah berpendapat bahwa Tuhan memiliki sifat. Sifat-sifat itu tidak sama dengan esensi Tuhan tapi berwujud dalam esensi itu sendiri. Nabi Muhammad melarang orang-orang beriman untuk memikirkan Tuhan. Ia bersabda: berpikirlah ciptaan Tuhan dan janganlah berfikir tentang Zat Tuhan. Dari segi Diri-Nya, Zat Tuhan tidak mempunyai nama, karena Zat itu bukanlah lokus efek dan bukan pula diketahui oleh siapa pun.


Ada sebuah pendekatan yang dinamakan teologi apofitik yaitu teologi yang tidak mengetahui, yang melukiskan pengalaman transenden tentang Tuhan dalam cinta sebagai suatu mengetahui dengan tidak mengetahui dan suatu melihat yang bukan melihat. Teologi apofatik menegaskan kemustahilan pengetahuan manusia tentang Tuhan seagaimana Dia pada diri-Nya, Tuhan yang sebenarnya.

Model teologi ini (teologi apofitik atau mistisisme apofitik) adalah cara berfikir atau aktifitas mental yang digunakan oleh banyak mistikus atau sufi untuk menempuh perjalanan menuju Tuhan dan sekaligus untuk menyuarakan protes terhadap kelancangan dan keangkuhan para teolog dan filosof yang menganggap bahwa mereka mempunyai konsep, ide, atau gagasan tentang Tuhan sebagaimana Dia pada diri-Nya.

Teologi apofitik adalah peringatan bagi hamba yang mereduksi Tuhan menjadi sesuatu yang rasional belaka. Teologi ini menolak bentuk Tuhan yang dicocokkan dengan kotak akalnya. Juga menyalahkan hamba yang mempercayai Tuhan dalam bentuk lain dan tidak menerima apapun sebagai kebenaran jika bertentangan dengan akalnya.
28 Januari 2015 14:14:54
 Diperbarui: 17 Juni 2015 12:14:39



Tidak ada komentar:

Posting Komentar