Kamis, 03 November 2016

Ontologi, Epistemologi dan Aksiologi

A.      Pengertian Ontologi, Epistemologi dan Aksiologi

Ontologi berarti limu hakikat yang menyelidiki alam nyata dan bagimana keadaan yang sebenarnya, apakah hakikat dibalik alam nyata ini. Ontologi menyelidiki hakikat dari segala sesuatu dari alam nyata yang sangat terbatas bagi panca indra kita. Bagaimna realita yang ada ini, apakah materi saja, apakah wujud sesuatu ini bersifat tetap, kekal tanpa perubahan, apakah realita berbentuk satu unsur (monoisme), dua unsur (dualisme), ataukah terdiri dari unsur yang banyak (pluralisme).
                Epistemologi adalah pengetahuan yang berusaha menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti apakah pengetahuan, cara manusia memperoleh dan menangkap pengetahuan dan jenis-jenis pengetahuan. Menurut Epistemologi, setiap pengetshusn manusia merupakan hasil dari pemeriksaan dan penyelidikan bendahingga akhirnya diketahui manusia (salam, 1988 : 19). Epistemologi membahas sumber, proses, syarat, batas fasilitas dan hakikat pengetahuan yang memberikan kepercayaan dan jaminan bagi guru bahwa ia memberikan kebenaran kepada murid-muridnya. (Muhammad Noor Syam, 1986 : 32)
                Sedangkan Akaiologi menyangkut nilai-nilai yang berupa pertanyan apakah yang baik atau yang bagus itu. Dalam definis lain, Aksiologi merupakan suatu pendidikan yang menguji dan mengintegrasikan semua nilai tersebut dalam kehidupan manusia. Untuk selanjutnya, nilai-nilai tersebut ditanamkan dalam kepribadian anak. (Muhammad Noor Syam, 1986 :95)


DAFTAR PUSTAKA

Jalaludin dan idi Abdullah. 2012. FILSAFAT PENDIDIKAN Manusia, Filsafat, dan Pendidikan. Jakarta : Rajagrafindo Persada

Tidak ada komentar:

Posting Komentar