Sabtu, 10 Desember 2016

Filsafat Pancasila Dipakai Sebagai Dasar Negara Indonesia


Menurut sejarahnya, pancasila diadakan atau dirumuskan dengan tujuan untuk dipakai sebagai dasar negara indonesia merdeka ( republik indonesia). Bukti –bukti sejarah yang menyatakan bahwa pancasila adalah dasar negara republik indonesia dapat disampaikan diantaranya  sebagai berikut : 
1.      Dalam pembukaan sidang pertama badan penyelidik usaha –usaha persiapan kemerdekaan tanggal 29 mei 1945,Dr.K.R.T rajiman wedyodiningrat sebagai ketua badan penyelidik mwminta agar sidang BPUPK mengemukakan daar indonesia merdeka.
2.      Pada tanggal 29 mei 1995 mr. Muhammad yamin pada permulaan pidato dalam sidang badan penyelidik, mengatakan sebagai berikut, “ kewajiban untuk ikut menyelidiki bahan- bahan yang menjadi dasar dan susunan negara yang akan terbentuk dalam suasana kemerdekaan, yang telah diakui dan telah dibela oleh rakyat indonesia dengan korban darah daging sejak ratus-ratus tahun...”
Dengan menunjukkan bukti-bukti atau data-data sejarah pancasila kepada kita, bahwa memang asal mula atau tujuan untuk dipergukan sebagai dasar negara kita, yakni daar republik indonesia. 
Dalam abad ini perlu di kembangkan, bahwa pancasila sebagai dasar negara itu digali dari pandangan hidup bangsa indonesia. Oleh sebab itu pada hakikatnya pancasila mempuyai dua pengertian pokok, yaitu pancasila sebagai dasar negara, dan pancasila sebagai pandangan hidup bangsa. Penyebutan atau pengertian yang bermacam-macam yang dihubungkan dengan pancasila dapat dikembalikan kepada dua pengertian pokok tersebut diatas, dan kira dapat dirumuskan secara sistematis sebagai berikut: 

d.      Pancasila sebagai jiwa bangsa indonesia.
e.       Pancasila sebagai kepribadian indonesia.
f.       Pansila sebagai pandangan hidup bangsa indonesia.
g.      Pancasila sebagai dasar negara republik indonesia (dasar falsafah negara republik indonesia).
h.      Pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum dari negara republik indonesia.
i.        Pancasila sebagaperjanjian luhur bangsa indonesia.
j.        Pancasila sebagai falsafah hidup yang memeprsatukan bangsa indonesia. 
 Dari uraian ditas dilihat dari segi positifnya, ini berarti pancasila dapat diterima dan dipergunakan bangsa indonesia dalam segala bidang kehidupan.dianatranya adalah bahwa pancasila dapat diperguanakan sebaga alat pemersatu bangsa indonesia, karena didalam pancasila juga terdapat asas-asas persatuan dan kesatuan bagi kehidupan bersama segenap bangsa indonesia, sehingga dengan pancasila persatuan dan kesatuan bangsa indonesia menjadi kukuh dan kekal,  itulah sebabnya, maka falsafah pancasila telah diangkat dari falsafah bangsa menjadi dasar negara republik indonesia.

Sumber:


Diakses 21. 47

Tidak ada komentar:

Posting Komentar