Senin, 05 Desember 2016

Tujuan Filsafat Pendidikan menurut Edward J. Power ( yang pertama )


1.             Tujuan Filsafat Pendidikan Inspirational
Adalah “ to express utopian ideals for the formal and informal education of human beings” Atau artinya adalah untuk mengekspresikan tentang pendidikan yang ideal atau pendidikan yang dicita-citakan.
Contoh tujuan filsafat pendidikan inspirational antara lain sebagaimana tercermin dalamm filsaat pendidikan Plato yang termuat dalam karyanya yang berjudul “Republik” Plato mengekspresikan suatu model pendidikan yang dicita-citakan atau diidamkan dalam ragka mendidik manusia agar menjadi warga Negara yang cakap, bertanggung jawab, dan mampu berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara, sesuai dengan statusnya dan tingkat kebajikan yang dapat disumbangkannya kepada Negara idaman. 

Selain Plato, J.J Rousseau dalam bukunya “Emile” mengekspresikan tentang pendidikan yang diidamkan dan dicita-citakan dalam rangka mendidik anak laki-laki. Rouseau mengemukakan bahwa: “segala sesuatu yang dating dari tangan Tuhan pada awalnya adalah baik, tetapi segala sesuatu menjadi rusak Karena tangan manusia ”.


Diakses pukul 10.05


Tidak ada komentar:

Posting Komentar