Tujuan
Filsafat Pendidikan yang Bersifat Presfective
Adalah “to
give clear and precise directions for educational practice with a commitment to
their implementation” atau tujuan filsafat pendidikan yang bersifat
prespektif tiada lain untuk memberikan kejelasan da arah yang tepat bagi
praktek pendidikan dengan suatu komitmen untuk mengimplimentasikannya. Tujuan
filsafat pendidikan adalah memberikan petunjuk tentang tujuan dan cara-cara
pendidikan yang seharusnya untuk dapat diimplimentasikan.
Contoh
tujuan filsafat pendidikan yang bersifat prespective antara
lain sebagaimana tercermin dalam filsafat pendidikan dari Herbart dalam
karyanya “the science of education”; Hutchin dalam karyanya “The
higher learning in america”; dan Maritain dalam karyanya “education
and the crossroads”. Filsafat pendidikan Herbart antara lain
memberikan petunjuk bahwa: moralitas adalah satu dan keseluruhan pekerjaan
pendidikan dan Herbart juga memberikan petunjuk bahwa mengajar hendaknya
didasarkan pada minat dan tahapan yang runtut dan jelas. Menurutnya bahwa
metode pendidikan hendaknya didasarkan kepada psikologi.
Diakses pukul 10.15
Tidak ada komentar:
Posting Komentar