Tokohnya adalah
J.Lacan yang lahir di paris pada tahun 1901. Bahasa membuka suatu lapangan
posisi-posisi yang di sistematisasifan dengan aturan-aturan menurut
pendapatnya, kita baru menjadi pribadi apabila kita mengabdikan diri pada
permainan bahasa.
Filsafat dewasa ini
juga disebut filsafat barat abad ke 20 ciri perkembangannya filsafat barat
abad ke 20 ini adalah desentralisasi manusia. Subyek manusia tidak lagi dianggap
sebagai pusat kenyataan dan desentralisasi manusia adalah perhatian khusus
terhadap bahasa sebagai subyek kenyataan kita sehingga pemikiran filsafat
seseorang ini desebut logosentris.
Disini dengan
“strukturalisme “dimaksudkan sekelompok pemikir yang menarik banyak perhatian
sekitar tahun 60-an. Barangkali tidak ada Negara dimana filsafat dapat mencapai
taraf mode seperti di prancis. Disana tidak hanya terdapat mode
dibidang houte couture atau adibusana ( pembuatan pakaian yang
eklusif ), tetapi juga dibidang intelektual.dalam kalangan lebih terbatas
strukturalisme dikemukakanjuga sebagai reaksi melawan fenomenologi
yang dipranac tentu berkaitan erat dengan eksistensialisme
Dalam aliran pemikiran
prancis yang sedang kita bicarakanini terdapat juga seorang secara eklusif
berkecimpung dibidang psikoanalisa dan berusaha memberikan suatu interpretasi
baru mengenal psikoanalisa freud dalam perspektif strukturalistis. Namanya
adalah JACQUES LACAN ( 1901-1981 ). Ia dilahirkan di prancis dan belajar ilmu
kedokteran serta psikiatri di kotaasalnya.tahun1932 ia meraih
gelar”doktordan ilmu kedokteran” berdasarkan disertasi ia psychose paranoiaque
dans ses rapports avec ia personalite ( dicetak ulang 1975 ) ( psikosa paranoia
dalam hubungan dengan kepribadian). Sekitar waktu yang samaia mencari kontak
langsung dengan alirandalam kesenian prancis yang disebut” surealisme “. Tahun
1936 ia mencari ceramah dalam kongres ke 14 dari “himpunan internasionaluntuk
psikoanalisa”(the internbational psychoanalytic association). Lacan
sudah lama mengkritisbeberapa tendensi dalam “himpunan internasional untuk
psikoanaliasa “ khususnya diantara anggota- anggota amerika dalam himpunan itu.
Ia menolak setiap empiristis dan sientistis mereka, ia menentang
bertambah pentingnya Ego Psychology tendensi ”medikalisasi” (
medicalization) pada analisis-analisis amerika , yaitu tendensi
untuk mengaitkan secara eklusif psikoanalisa dengan propesi medis. dalam hal
terakhir ini ia dekat dengan ikhtiar Freud sendiri dalam masalah awam (1972).
Di paris ia mendirikan suatu himpunan baru Societe francaise de psychanalyse
(1953) yang mengakui sebagai tujuannyauntuk secara konsekuen kembali pada
psikoanalisa psychanalise. Karya lacan yang tebal berjudul Ecrits
(1966) ( karangan-karangan) terdiri dari ceramah-ceramah yang diberikannya pada
berbagai kesempatan. Tahun 1974 terbit bukunya Television (televisi), berisikan
dua wawancara yang diberikan untuk telivisi prancis pada tahun sebelum
meninggalnya ia sendiri membubarkan Ecole freudienne di paris, karena menurut
pendapatnya disitu telah terjadi terlalu banyak
penyimpangan kompromi.
Karya nya sebagian
terbesar terdiri atas teks-teks yang pernah diucapkan sebagai ceramahatau bahan
seminar dan kemudian oleh si penceramah dituliskan dan direvisi. Lacan penulis
untuk insiders:sering diulanginya bahwa ia hanya bicara untuk analis-analis.
Tetapi ironinya adalah bahwa buku ecrits telah menjadi best-seller yang banyak
di baca atau sekurang-kurangnya dimiliki oleh orang yang tidak akan mengerti.
Lacan selalu membahas
ketidaksadaran dalam konteks percakapan psikoanalitis. Artinya percakapan
seorang psikoanalis dengan pasiennya atau lebih umum percakapan seorang
psikoanalis dengan analisanya.
Diakses 21. 27
Tidak ada komentar:
Posting Komentar