Kamis, 08 Desember 2016

Refleksi Filsafat Atas Ada Tidanya Kebenaran


Berdasarkan pemandanga ringkas atas sejarah filsafat mengenai kebenaran, lalau pemandangan ringkas akan paham tentang kebenaran akan kita terapkan pada anggapan-anggapan yang telahsudah di kemukakan. Akhirnya akan kita tarik kesimpulan umum tentang kedudukan kebenaran.
a.    Pokok-pokok sejarah filsafat tentang kebenaran 
Dalam masa kuno kita berjumpa dengan anggapan tentang kebenaran yang berasal dari plato. Dewasa ini Martin Heidgger telah berusaha menerangkan pandangan Plato itu dengan menguraikan kata yunani aletheia (= kebenaran). Secara etimologis kata itu dapat diterangkan sebagai “tak tersembunyikan”.

     Menurut gagasan Plato, kebenaran sebagai ketersembunyian adannya tidak dapat dicapai oleh manusia selama di dunia ini.Dari seluruh penjelasan ini sebaiknya kita anggapan bahwa “kebenaran” menurut anggapan Plato adalah sesuatu yang terdapat pada apa yang di kenal, atau pada apa yang dikejar untuk dikenal. 
b.      Apa itu kebenaran?
     Kebenaran adalah pernyataan adanya (being) yang yang menampakkan diri sampai masuk akal,
c.       Penilaian Filsafat Atas Kebenaran Ilmu-ilmu
      Salah satu tugas pokok filsafat ilmu pengetahuan ialah menilai hasil ilmu-ilmu pengetahuan dilihat dari sudut pengetahuan manusia lainnya.
Sumber:

Diakses 9.41


Tidak ada komentar:

Posting Komentar