Sabtu, 03 Desember 2016

Betapa Rusaknya Moral Anak Bangsa Indonesia Sekarang



Anak bangsa memiliki tanggung jawab yang besar bagi Indonesia. Namun, moral anak bangsa Indonesia justru semakin merosot. Meskipun tidak semua anak bangsa. Tapi hal ini cukup disayangkan. Berikut adalah bentuk-bentuk rusaknya moral anak bangsa Indonesia:

1. Tawuran antarpelajar
Tugas seorang pelajar adalah belajar dan mengukir prestasi setinggi-tingginya. Namun, sekarang marak terjadi tawuran antar pelajar. Waktu yang seharusnya mereka gunakan untuk belajar, malah mereka gunakan untuk tawuran, melawan musuh-musuh mereka. Meskipun kadang, pemicu terjadinya tawuran terkesan sepele, seperti ejekan antarpelajar. Bahkan ada di antara mereka yang membawa senjata tajam saat tawuran. Tak jarang banyak korban yang berjatuhan tapi mereka tetap saja melakukan tawuran. Mereka tidak bisa berpikir panjang, sekiranya apa akibatnya jika melakukan hal itu. Hal ini menunjukkan pendidikan moral untuk negeri ini mengalami kegagalan.


2. Hamil di luar nikah
Tidak adanya batasan antara pergaulan wanita dan pria membuat para remaja semakin bebas. Hal ini membuat mereka dapat melakukan hubungan se*s diluar nikah. Bahkan sangat disayangkan jika remaja ini masih berusia belia. Akibatnya semakin banyak bayi yang dibuang karena hasil dari hubungan diluar nikah. Bahkan ada beberapa di antara mereka yang memilih untuk menggugurkan kandungan mereka. Cara pacaran yang salah membuat mereka terjerumus pada kesenangan sesaat. Makin maraknya situs porno menjadi faktor utama penyebab hubungan se*s di luar nikah.

3. Model pakaian masa kini
Trend barat sangat mempengaruhi gaya berpakaian orang-orang di Indonesia. Terutama para remaja, karena mereka masih dalam pencarian jati diri. Mereka ingin menjadi pusat perhatian saat mengenakan pakaian. Selain itu, mereka belum bisa menyeleksi secara benar pakaian mana yang sekiranya cocok digunakan untuk adat Indonesia. Tak jarang kita melihat para remaja mengenakan pakaian yang mini sehingga terlihat se*si saat di tempat umum. Meskipun perkembangan jaman semakin maju, tapi kita juga harus bisa berpenampilan sesuai dengan adat yang berlaku di Indonesia. Karena hal ini dapat memicu kejadian pemerkosaan. Dan pada akhirnya akan merugikan remaja itu sendiri.

4. Tindak kriminal
Tiada hari tanpa berita kriminal. Bahkan tak jarang, pelakunya merupakan para remaja dimana ia adalah anak bangsa harapan Indonesia. Kasusnya pun beragam, ada di antaranya, mencuri handphone karena mereka menginginkan benda tersebut namun tidak mempunyai dana untuk membelinya, dan pembunuhan kekasih, mantan, teman atau keluarganya sendiri karena keinginan mereka yang tidak terpenuhi, serta penculikan anak kecil untuk mendapatkan uang tebusan. Merosotnya moral bangsa sangat terlihat di sini.

5. Penyalahgunaan narkoba
Kerusakan moral bangsa Indonesia yang sedang terkenal adalah penggunaan narkoba. Narkoba merupakan obat-obatan terlarang yang dapat merusak moral. Awalnya mungkin hanya coba-coba, tapi obat ini mengandung nikotin yang dapat membuat mereka ketagihan saat mengonsumsinya. Banyak dampak negatif yang akan didapatkan jika mereka mengonsumsi zat berbahaya ini, di antaranya adalah membuat mereka kehilangan kesadaran sehingga dapat melakukan hal-hal diluar perkiraan, seperti pembunuhan, pemerkosaan, dan bisa mengalami kecelakaan.

Demikian betapa rusaknya moral anak bangsa Indonesia sekarang. Penanaman nilai keagamaan sangat diperlukan disini, karena setiap agama pasti mengajarkan kebaikan dalam hidupnya. Lingkungan yang baik juga dapat mempengaruhi tingkah lakunya menjadi baik. Oleh karena itu, sebagai anak bangsa kita harus menjunjung tinggi negara kita dengan moral yang baik, bukan sebaliknya.


diakses pukul 19.36 WIB

http://www.kumpulanmisteri.com/2015/09/betapa-rusaknya-moral-anak-bangsa.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar